Artis Inggris, soundtrack film blockbuster, pertumbuhan layanan streaming dan penjualan format album fisik yang bertahan membuat konsumsi musik di Inggris meningkat sebanyak 6% di Inggris. Tahun keempat di mana tingkat konsumsi ini terus merambat naik.

Total ada sekitar 142.9 juta album, yang ekuivalennya dalam platform streaming, download atau album fisik, di sepanjang tahun 2018, sebagaimana yang diungkap oleh asosiasi label rekaman Inggris, BPI, yang berangkat dari data Official Charts Company. Peningkatan di tahun 2017 adalah sebesar 5.7%.

Selain larisnya album-album konvensional artis Inggris, seperti yang dirilis oleh George Ezra, Ed Sheeran, Dua Lipa, peningkatan ini juga disebabkan dengan penerimaan yang baik akan album-album soundtrack. Dibuktikan dengan sukses besar album soundtrack film musikal “The Greatest Showman”, yang meski dirilis di bulan Desember 2017 namun tercatat sebagai album terlaris di tahun 2018.

The Greatest Showman” mampu menjadi pengisi juara chart album hampir setengah tahun lamanya, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Adele. Tidak hanya ia yang sukses besar karena ada juga album soundtrack “Mamma Mia! Here We Go Again” yang berada di posisi #4 album terlaris Inggris di tahun 2018, serta album perain nominasi Grammy milik Lady Gaga dan Bradley Cooper, “A Star Is Born” yang berada di posisi #7. Sementara itu, berada di luar 10 besar ada pula soundtrack biopic Queen, “Bohemian Rhapsody” (#13)

Apakah album soundtrack akan kembali berjaya di industri musik Inggris tahun 2019 ini? Kita lihat saja perkembangannya.

Berikut 10 besar album terlaris 2018 di Inggris:

1. Motion Picture Cast Recording ‘The Greatest Showman’
2. George Ezra ‘Staying At Tamara’s’
3. Ed Sheeran ‘Divide’
4. Motion Picture Cast Recording ‘Mamma Mia! Here We Go Again’
5. Drake ‘Scorpion’
6. Post Malone ‘Beerbongs & Bentleys’
7. Motion Picture Cast Recording ‘A Star Is Born’
8. Michael Bublé ‘Love’
9. Dua Lipa ‘Dua Lipa’
10. Eminem ‘Kamikaze’